Indonesia Folding Bike Community

Anggotanya Mulai Karyawan Swasta, Bankir, hingga Pengusaha
Menjamurnya pcsepeda di Ibu Kota juga Ikut memunculkan komunitas- komunitas tersendiri. Mulai dari tujuan bersepeda, letak geografis, hingga Jenis sepeda yang digunakan. Salah satunya adalah sepeda lipat atau biasa disebut sell.

Sell kini makin populer dan makin banyak penggemarnya. Pasalnya, sepeda lipat Ini terhitung praktis dan gampang dibawa ke mana-mana. Popularitas sepeda lipat terus meningkat, begitu Juga permintaan sepeda lipat di penjual sepeda. Penggemar sepeda berdiameter roda sekitar 20 Ind ini Justru membentuk komunitas sendiri, yaitu Indonesia Folding Bike Community (Id-Foldingblke). Sejak berdiri pada 2007 hingga sekarang, Jumlah anggota komunitas tersebut sudah mencapai 1000-an orang. Bahkan anggota Id-Foldlngblke di milis mencapai 5000-an.

"Dulu saya pakai sepeda gunung, nggak dilirik cewek, pas pakai sell. Jadi lebih keren dan lucu. Jadi banyak yang ngelirik," ujar Dwi Wijayanto, salah satu anggota Id-Foldlngblke saat ditemui di acara "Gebyar Sepeda Menpora". Minggu (7/3). Para anggota Id-Foldlngblke memang khusus mengendarai sell yang antara lain bermerek Dahon. Hasa, Blrdy. Carryme. Oyama, Giant, dan Polygon.

Diameter rodanya yang berkisar 16-20 inci dengan handle dan sadel tinggi menjadi dri tersendiri sepeda Ini. Selain bentuknya yang unik, para anggota beralasan memilih sell karena lebih ringan dan mudah dibawa-bawa, misalnya naik bus TransJakarta atau KRL sekalipun.

Sell Juga mudah dibawa ke d kantor dan diletakkan di bawah meja, sehingga tidak perlu takut hilang dibawa maling.
Komunitas Id-Foldingblke terbentuk para Maret 2007. Komunitas Ini berawal dari milis id-foldingbike@yahoogroups. com yang dibuat sang ketua. Azwar Hadi Kusuma, yang sebelumnya menggunakan sepeda gunung. Ia awalnya membuat milis untuk berkomunikasi dengan sesama penggemar sell. Namun temyata Jumlahnya di Jakarta cukup banyak. Bersama anggota mills lainnya. Ia kemudian membentuk komunitas Id-Foldlngblke.

Semula, anggota komunitas Ini hanya sekitar 20 orang. Namun, belakangan berjumlah hingga 1.000 orang di dalam forum. Menurut Dwi. komunitas Ini memiliki jadwal pertemuan rutin setiap Rabu dan Jumat malam. "Untuk sekadar ngobrol atau night ride," ujar pria yang sudah bergabung di komunitas pencinta sell setahun lebih Ini.

Anggota Id-Foldlngblke berasal dari berbagai kalangan mulai karyawan perusahaan swasta, pengusaha, dan bankir. "Anggota Wta dominan memang pekerja, yakni sekitar 60 sampai 75 persen. sedangkan yang bersepeda ke kantor mencapai 30 persen," tuturnya. Para anggota biasa memanggil sesama anggota dengan sebutan om dan tante. Bahkan, para anggota perempuan di komunitas Ini menamakan diri mereka Id-Foldingblke Venus.

Selain saling berbagi tentang sell mulai dari suku cadang, trik ink. hingga modifikasi, mereka Juga sering mengadakan kegiatan sepedaan ke Bandung, Bogor, hunting foto, dan mengikuti kegiatan komunitas pesepeda lainnya.

[Ahmad Sabran]

Reblog from : http://bataviase.co.id/node/127421

2 comments:

kalo mau gabung gimana cara daftarnya??

join group :
http://sports.groups.yahoo.com/group/id-foldingbike/

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More